Apa Itu Grad JKT48: Mengenal Pengertian, Proses Kelulusan dan Maknanya

WOTABAIK.COM — JKT48 adalah grup idola asal Indonesia, tidak hanya dikenal karena musik dan penampilan panggungnya yang energik, tetapi juga karena proses kelulusan yang dikenal sebagai “graduation” atau “grad.” Bagi para penggemar JKT48 proses kelulusan ini merupakan momen yang penuh emosi dan bermakna. Pada tulisan inj akan admin jelaskan tentang apa itu grad di JKT48.

Apa Itu Grad di JKT48?

Grad adalah istilah yang digunakan di JKT48 untuk menyatakan kelulusan seorang anggota dari grup tersebut. Saat seorang anggota mengumumkan kelulusannya, ia akan melakukan penampilan terakhirnya atau “last show” di teater JKT48. Proses ini berbeda dari keluar atau dipecat dari grup. Kelulusan di JKT48 biasanya disampaikan secara emosional melalui pidato atau tulisan yang ditujukan kepada penggemar.

Makna Kelulusan di JKT48

1. Momen Penuh Emosi

Bagi anggota yang lulus, momen ini penuh emosi karena mereka meninggalkan grup yang telah menjadi bagian besar dari hidup mereka. Mereka sering kali menangis dan merayakan kenangan mereka bersama dengan penggemar.

2. Penghormatan kepada Member

Proses kelulusan adalah bentuk penghormatan terhadap peran dan kontribusi seorang anggota dalam JKT48. Ini juga memberikan kesempatan bagi penggemar untuk mengucapkan selamat tinggal dan mengingat momen-momen indah bersama anggota yang lulus.

3. Transformasi dan Pertumbuhan

Bagi anggota yang lulus, grad merupakan langkah menuju masa depan baru. Mereka dapat mengejar karier baru di luar JKT48 atau mengejar pendidikan lebih lanjut. Proses ini mewakili transformasi dan pertumbuhan personal yang dialami selama menjadi bagian dari grup.

Bagaimana Prosedur Grad di JKT48

1. Pengumuman

Seorang anggota mengumumkan keputusannya untuk lulus dari JKT48 melalui berbagai media, seperti pidato di teater, surat kepada penggemar, atau unggahan di media sosial.

Baca Juga:  Zee JKT48 Umumkan Graduate Hari Ini, Begini Kata Fans

2. Last Show

Anggota yang lulus akan melakukan penampilan terakhirnya di teater JKT48, yang dikenal sebagai “last show.” Ini adalah kesempatan terakhir bagi penggemar untuk melihat oshinya tampil di atas panggung.

3. Perpisahan

Setelah last show, anggota yang lulus biasanya mengadakan acara perpisahan di mana mereka dapat berbicara secara langsung kepada penggemar dan rekan-rekannya di JKT48. Pada tahap ini member juga akan mengambil kabesha atau foto yang dipajang di pintu masuk ruang teater.

4. Menitih Masa Depan

Setelah kelulusan, anggota dapat memilih untuk fokus pada karier baru mereka di luar JKT48 atau mengejar pendidikan lebih lanjut. Beberapa ex-member tetap terlibat dalam industri hiburan, sementara yang lain memilih jalur yang berbeda dalam kehidupan mereka.

Dengan demikian, grad di JKT48 bukan hanya tentang meninggalkan grup, tetapi juga tentang menghormati perjalanan, kontribusi seorang anggota dan langkah baru dalam hidup mereka setelah keluar dari grup JKT48. Itu adalah momen yang penuh emosi dan bermakna bagi member dan penggemar JKT48.

Demikianlah artikel singkat berjudul Apa Itu Grad di JKT48: Mengenal Proses Kelulusan dan Maknanya. Semoga oshimu tidak secara tiba-tiba mengumumkan untuk lulus dari JKT48 yaks.***

Redirecting in 60 seconds...

 

Tinggalkan komentar